[REVIEW] Nusantics Galactomyces Facial Treatment Essence




Hello Peeps!Pernah dengar kata galactomyces sebelumnya? Mungkin bagi kalian para K-Beauty addict sering banget melihat atau bahkan memakai skincare dengan kandungan galactomyces. Jadi apa sih sebenarnya galactomyces ini?

Galactomyces sendiri sebenarnya adalah salah satu jenis jamur yang diperoleh melalui proses fermentasi dan filtrasi (penyaringan) secara khusus. What? Jamur? Ew, it’s pretty gross. Eits, jangan jijik dulu. Jamur yang satu ini memiliki segudang manfaat untuk kulit kita loh.
Galactomyces terkenal akan antioksidannya yang tinggi. Selain itu, galactomyces juga terbukti dapat meningkatkan penyerapan produk skincare setelahnya. Riset membuktikan kalau galactomyces ini mampu mengurangi blackhead, pori-pori besar, sebum, dan jerawat. Galactomyces merangsang sel-sel epidermis untuk memproduksi hyaluronic acid, sehingga dapat mengatasi masalah kulit kering atau dehidrasi.

Ga mau ketinggalan dari brand-brand Korea, Nusantics juga punya nih skincare dengan kandungan galactomyces yaitu Galactomyces Facial Treatment Essence. Ingredients essence ini juga ga macem-macem kok. Cuma Galactomyces Ferment Filtrate (GFF) sebagai kandungan utamanya dan phenoxyethanol sebagai pengawet. Mau tau bagaimana performa essence ini di wajah aku?



Let’s jump into my review!


Essence contains highly concentrated actives which are beneficial to improve skin condition. In this essence series, we add nothing unnecessary: no fragrance, no thickener, no colorant. It’s simply more! The watery indulgence for breathable skin.

Komposisi 

Galactomyces Ferment Filtrate (GFF), phenoxyethanol.


Kemasan

Produk ini dikemas dalam botol kaca ukuran 30ml dengan pipet di dalamnya. Seperti produk Nusantics lainnya, botol kemasan Galactomyces Facial Treatment Essence ini warnanya gelap. Warna botol yang gelap bermanfaat untuk memperpanjang masa simpan produk.


Tekstur


Teksturnya watery, persis seperti air. Ga heran ya kenapa teksturnya begini, karena tadi udah dibilang bahwa Nusantics ga pernah menambahan bahan-bahan yang ga penting di produk-produknya, seperti thickener, pewangi, dan pewarna. Beda halnya dengan pengawet ya teman-teman. Kalau pengawet masih penting digunakan di suatu produk. Bayangin aja kalau ga pakai pengawet, beberapa minggu atau beberapa bulan aja pasti udah ga layak pakai.

Nah, kelemahannya karena too watery, essence ini kurang melembabkan bagi aku atau yang punya masalah kulit kering. But again, buat kalian yang punya kulit berminyak atau kombinasi pasti bakal suka!


Aroma

Awalnya aku udah skeptis sama aroma essence ini karena aku pernah coba skincare fermentasi lainnya dan aku ga suka sama baunya. Tapi ternyata produk ini hampir ga ada baunya. Cocok banget nih buat kalian yang sensitif sama wewangian!


Cara Pakai

Sebelum memakai essence ini, pastikan wajah sudah lembab (disarankan untuk pakai 3-4 pumps power essence spray). Selanjutnya, teteskan 2-3 tetes facial treatment essence di telapak tangan yang bersih. Kemudian ratakan essence di tangan lalu tepuk-tepuk di bagian wajah dan leher. Gunakan di pagi hari sebelum makeup dan di malam hari sebelum face oil.


Performa

Awalnya aku lumayan takut pakai produk ini karena aku memang ada riwayat eksim di wajah (please read ‘peringatan’). Tapi setelah aku pakai ternyata ga ada reaksi buruk apapun yang timbul.

Efek yang paling aku notice selama penggunaan essence ini adalah blackhead aku yang berkurang drastis. Dulu semenjak pakai serum vitamin C, banyak banget blackhead yang muncul di wajahku (terutama di daerah pipi). Karena anaknya bandel, aku sering banget ekstraksi sendiri di rumah dan pasti itu blackhead balik-balik lagi. Bahkan ga jarang yang malah jadi jerawat L.

Nah, sekarang di pipi aku bener-bener ga ada lagi yang namanya blackhead. Aku juga notice bekas jerawatku yang agak kehitaman lumayan memudar walaupun hanya dikiiiit banget. Sayangnya, untuk efek melembabkannya masih kurang bagi aku.


PERINGATAN

Hindari penggunaan pada kulit dengan fungal acne atau eczema-prone


Skor

8/ 10


Beli Dimana

Kalian bisa dapetin produk ini di tokopedia Nusantics atau e-commerce lain dengan harga Rp270.000.

Yap, mungkin kalian bertanya-tanya kenapa harganya mahal untuk produk ukuran 30ml. Ini karena biaya produksinya yang mahal. Perlu quality control dan teknologi yang tinggi agar tidak terjadi kontaminasi dan ragi dan liquid dapat tepisah secara sempurna.

Oh iya, aku juga mau mengingatkan jangan pernah membuat DIY pitera, galactomyces atau produk fermentasi untuk kulit lainnya. Karena kalau diolah sembarangan, bisa-bisa bukan manfaat yang kalian dapat tapi malah masalah yang lebih parah. Banyak loh kasus di luar sana yang kulitnya terkena infeksi jamur dan panu karena coba-coba DIY fermentasi begini. So, be careful guys!



Walaupun harganya pricey, tapi produk ini layak dicoba kok. Aku sangat merekomendasikan ini buat kalian yang punya masalah dengan blackhead!


Sampai jumpa di postingan selanjutnya, Peeps!

0 komentar