[REVIEW] make p:rem × CrediThink Tamanu Calming Serum



Hello Peeps! Adakah yang kulit wajahnya suka merah-merah ga jelas kayak aku?
Nah pas banget, kali ini aku akan mengulas produk yang lagi aku suka banget buat nge-calming wajah. Ingredient utama produk ini adalah tamanu oil. Itu loh, ingredient favoritnya salah satu beauty guru terkenal, Liah Yoo. Penasaran bagaimana performa serum ini di wajahku?




Let’s jump into my review!


A soothing tamanu oil serum with 10% tamanu oil to quickly calm senstive skin.
6 layers of hyaluronic acid and herb complex deeply hydrate skin.

 Komposisi


Dari komposisi diatas, berikut aku highlight ingredients pentingnya.
  • Tamanu (Calophyllum Inophyllum) Seed Oil

Beberapa waktu terakhir, tamanu oil ramai menjadi perbincangan di dunia skincare. Tamanu oil terbukti mampu meningkatkan proliferasi (pembelahan) sel, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka. Tamanu oil juga dikenal sebagai bahan anti-inflamasi dan dapat memperkuat skin barrier.   
  • Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid atau asam hialuronat memiliki banyak tipe yang dibedakan berdasarkan ukuran molekulnya. Semakin kecil ukuran molekul, semakin dalam ia akan masuk ke dalam kulit. Nah, serum ini mengandung 6 tipe asam hialuronat yang memiliki ukuran berbeda. Di lapisan paling atas (molekul berukuran besar), ada Sodium Hyaluronate, Sodium Hyaluronate Crosspolymer. Di lapisan tengah (molekul berukuran sedang), ada Sodium Acetylated Hyaluronate. Sedangkan di lapisan paling dalam (molekul berukuran kecil), ada Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hyaluronic Acid, Hydrolyzed Glycosaminoglycans.
Kenapa harus pakai asam hialuronat yang berbeda? Ini dimaksudkan agar tiap lapisan kulit mendapat efek melembabkan dari asam hialuronatnya sendiri. Pretty good inovation right? 
  • Ekstrak Tumbuh-tumbuhan

Selain mengandung tamanu oil dan asam hialuronat, serum ini juga mengandung ekstrak dari beberapa tumbuh-tumbuhan seperti:
Ginkgo Biloba Leaf Extract – Kaya akan antioksidan, menenangkan kulit, mengurangi masalah kulit, sebagai anti-aging agent
Camellia Sinensis Leaf Extract – Juga dikenal sebagai ‘teh hijau’, kaya akan antioksidan, membantu menjaga kolagen, mengurangi inflamasi
Camellia Japonica Leaf Extract – Mengurangi efek radikal bebas, meningkatkan hidrasi kulit, mengurangi garis-garis halus di wajah
Eruca Stiva Leaf Extract – Kaya akan mineral, membantu melindung kulit dari efek buruk lingkungan
Triticum Vulgare (Wheat) Sprout Extract – Membantu melembutkan kulit, meningkatkan hidrasi kulit
Brassica Oleracea Italica (Brocolli) Sprout Extract – Membantu melindungi kulit dari efek buruk lingkungan, mempercepat regenerasi sel kulit
Lepidium Sativum Sprout Extract – Kaya akan vitamin dan mengurangi inflamasi


Kemasan


Serum ini dikemas dalam botol airless-pump berukuran 50 mL. Untuk serum, aku akui ukurannya cukup besar. PAO produk juga lumayan lama, sekitar 12 bulan. Jadi ga perlu terburu-buru buat habisin produknya.


Seperti yang kalian tau, aku paling suka sama kemasan model airless-pump. Produk di dalamnya terjamin higienis karena ga langsung bersentuhan dengan tangan maupun udara luar. Di bagian belakang botol, ada kolom untuk menulis tanggal pertama kita membuka produk. Ini berguna banget untuk orang pelupa kayak aku buat mengetahui kapan PAO produk kita.


Tekstur

Berbeda dengan serum lain yang biasanya berteksur cair, serum ini memiliki tektur yang lumayan thick seperti lotion atau cream. Serum ini lumayan mudah menyerap dan sudah cukup melembabkan. Untuk kalian yang punya kulit berminyak atau rawan over-moisturize, bisa skip pelembab sesudahnya.


Aroma

Sebenarnya, tamanu oil punya aroma yang kurang sedap. Tapi karena serum ini ada tambahan beberapa essential oilnya, aromanya jadi lebih tolerable. Menurutku aroma serum ini mirip aroma jamu-jamuan tradisional, earthy gitu. Aku personally suka banget sama aromanya. Tapi mungkin bagi beberapa orang yang ga suka sama wangi jamu, bakal ga suka juga sama aroma serum ini.

Bagi kalian yang punya kulit sensitif, aku sarankan untuk melakukan patch test sebelum memakai produk ini. Karena ada beberapa essential oil seperti lavender oil dan orange oil yang dapat mengiritas kulit.


Cara Pakai

Aplikasikan secukupnya setelah membersihkan wajah dan memakai toner.


Performa

Aku biasa pakai produk ini di pagi dan malam hari sebanyak dua pumps. Untuk pagi hari, aku skip moisturizer karena kulitku sudah cukup lembab. Untuk malam hari, aku selalu pakai moisturizer atau sleeping mask sesudahnya. Walaupun agak berminyak, tapi besok paginya wajah jadi lebih plumpy. Make up yang aku pakai pun jadi lebih nempel dan terkesan lebih natural.


Nah jadi aku pertama kali coba produk ini pas kulitku lagi over-exfoliate. Muncul beberapa bumps di pipi, kemerahan dimana-mana, dan tekstur kulitku jadi bener-bener ga karuan. Amazingly, setelah tiga hari pemakaian, CUMA TIGA HARI PEMIRSA, kulitku jadi lebih tenang, kemerahan jauh lebih berkurang, dan tekstur wajahku jadi lebih halus. Bahkan bagian hidungku yang tadinya kasar, baik karena komedo ataupun jerawat pun jadi mulusss kayak jalan tol (wkwk alay bet). Ajaib banget pokoknya ni serum.


Skor

5/5. Iya, se-perfect itu!


Beli Dimana

Kalian bisa mendapatkan produk ini seharga $20.99 di website CrediThink. Berikut aku lampirkan URL-nya https://credithink.com/shop/make-prem-x-credithink-tamanu-calming-serum-50ml/



Aku sangat sangat merekomendasikan serum ini bagi kalian yang punya masalah kult seperti kemerahan, jerawat ataupun kulit kering. Aku belum pernah coba Great Barrier Relief dari Krave Beauty. Tapi mungkin ini bisa jadi alternatif untuk yang mau coba-coba tamanu oil, dengan harga yang lebiih affordable tentunya!



Sampai jumpa di postingan selanjutnya, Peeps!

0 komentar