Biore UV Aqua Rich Watery Essence Spf50+ Pa++++ (2019 Formula)


Ingat sunscreen yang pernah happening ini? So, karena penasaran akhirnya aku mencoba sunscreen ini (yang ternyata formulasinya baru). Waktu itu Biore UV Aqua Rich Watery Essence punya ukuran mini dan kebetulan lagi diskon di minimarket. Tanpa pikir panjang, aku langsung angkut pulang.

Apakah formulasi barunya sebagus formulasi yang lama? Yuk langsung aja kita bahas!

 

Komposisi

Sunscreen ini menggunakan Ethylhexyl Methoxycinnamate, Ethylhexyl Triazone dan Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate. Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, yang digadang-gadang sebagai suncreen agent terbaik pun ada di produk ini.

Di urutan kedua komposisinya, bertengger alkohol. Mungkin kandungan alkohol yang cukup banyak inilah yang bikin Biore UV Aqua Rich Watery Essence terasa sangat lightweight di kulit. Tapi bagi kalian yang punya kulit sensitif atau kering, kandungan alkohol ini bakal jadi masalah.

Untuk komposisi lengkap, klik disini.

 

Kemasan

Jujur, aku sangat suka dengan kemasan sunscreen ini. Ujungnya tuh lancip, bikin gampang banget mengatur jumlah produk yang mau dipakai. Desainnya juga simpel tapi tetap luxurious. Tutupnya bukan model flip-top, jadi kalau lupa naruh bikin repot sih.

 

Tektur dan Aroma

Tekstur sunscreen ini mirip gel cream, tapi kayak didominasi gel gitu (?). Waktu diaplikasikan, teksturnya langsung melt jadi watery sehingga gampang banget diratakan. Aromanya didominasi oleh aroma alkohol yang menyengat. Aku pribadi cukup enggak nyaman sama aromanya.

 

Performa dan Pengalamanku

Karena alkohol ada di urutan kedua ingredient list, sunscreen ini cukup bikin perih kalau dipakai terlalu dekat dengan mata. Karena alkoholnya yang ‘kenceng’ pula, setelah pakai sunscreen ini aku merasa kulitku jadi lumayan kering. Padahal sebelumnya skincare yang aku pakai sudah cukup menghidrasi dan melembapkan. Makanya, aku enggak pernah pakai foundie yang matte di atas sunscreen ini karena nantinya bakal cakey.

Dibalik hal-hal buruk di atas, thanks to alcohol yang juga bikin finish sunscreen ini ringan seperti essence (sesuai namanya, bund). Jadi sebenarnya sunscreen ini perfect untuk reapply di tengah cuaca yang gerah dan humid. Poin plusnya lagi, karena dia chemical, sunscreen ini sama sekali enggak meninggalkan whitecast.

Semua hal punya kekurangan dan kelebihan. Benar begitu, kan?

Untuk kekuatan perlindungan dari sinar UV, aku rasa sunscreen ini oke kok. Setelah ‘dijemur’ siang-siang oleh cuaca panas Kota Depok, aku sama sekali enggak mengalami sunburn. Reaksi iritasi juga sama sekali enggak muncul di kulitku. Cuma memang bikin kering aja sih.

 

Repurchase/Nah?

Aku sepertinya enggak akan repurchase atau beli full size Biore UV Aqua Rich Watery Essence. I can’t stand sama finishnya yang bikin kering. Aku kasih nilai 3/5 buat sunscreen ini!

1 komentar

  1. Aku masih punya sunscreen ini karena dia paling jarang aku pake di antara semua sunscreenku 😅 Suka bikin muka jadi tambah berminyak soalnya jadi harus pinter ngakalin pakenya

    BalasHapus