[INGREDIENT 101] Bifida Ferment Lysate

https://microbewiki.kenyon.edu/index.php/Bifidobacterium_longum

Hello Peeps! Belakangan ini di dunia skincare memang lagi booming banget ya produk-produk dengan kandungan prebiotik. Salah satunya adalah si bifida ferment lysate ini. Banyak sekali brand-brand kecantikan yang mengeluarkan produk dengan bifida ferment lysate sebagai star ingredent-nya, contohnya seperti Lancome dan Estee Lauder. Jadi apa sih bifida ferment lysate itu? Lalu, apa saja manfaatnya untuk kulit kita?

Yuk simak tulisan aku berikut ini!

Bifida ferment lysate adalah lisat dari produk fermentasi Bifida, bakteri yang biasa ditemukan dalam sistem pencernaan manusia. FYI, lisat ini adalah produk yang berasal dari sel yang telah mengalami lisis (penghancuran). Berarti, Bifida yang terkandung di dalamnya sudah mati dan tidak bisa lagi melakukan proliferasi (pembelahan).

Aku menemukan satu jurnal ilmiah yang cukup dipercaya sumbernya mengenai ingredient bifida ferment lysate. Penelitian terkait dengan bifida ferment lysate ternyata pernah dilakukan oleh L'Oréal Research. Sampel dari penelitian ini adalah 66 wanita yang memiliki kulit reaktif atau sensitif. Para wanita tersebut dengan rutin mengoleskan krim dengan kandungan bifida ferment lysate pada wajah, tangan, dan kaki selama dua bulan dua kali sehari. 

Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi skin barrier para sampel meningkat. Kulit pun menjadi lebih resisten terhadap agresi kimia maupun fisik. Selain itu, sensitifitas kulit para sampel berkurang dan kulit kering juga teratasi. 

Menurutku, manfaat dari bifida ferment lysate ini cukup promising ya. Walaupun efeknya terlihat sederhana, tapi sudah ada penelitian yang membuktikannya. Jadi, kalian tidak perlu ragu lagi jika ingin mencoba ingredient yang satu ini.

Rekomendasi Produk

  • Lancôme Advanced Génifique Youth Activating Serum 50mL ($105.00)



  • Missha Time Revolution Night Repair Probio Ampoule 50mL (Rp540.000)


  • Manyo Factory Bifida Complex Ampoule 20mL (Rp125.000) 

  •  Neogen Real Ferment Micro Serum 30mL ($38)



Sampai jumpa di postinganku selanjutnya, Peeps!

1 komentar