[INGREDIENT 101] Adenosine : Ingredient Anti-Aging yang Menjanjikan


Hello Peeps! Kali ini aku akan membahas salah satu bahan yang banyak digunakan dalam skincare anti-aging nih. Yap, apalagi kalau bukan adenosine. 

Apa itu Adenosine?

Adenosine adalah nukleosida purin yang tersusun dari molekul adenin yang menempel pada gugus gula ribosa. Turunan dari adenosine banyak ditemukan di alam dan memainkan peranan penting dalam proses biokimia. Misalnya saja ATP (Adenosine Triphosphate), senyawa turunan adenosine yang secara alami diproduksi oleh tubuh kita. Kalau kita ingat-ingat lagi pelajaran Biologi sewaktu SMA, ATP ini adalah senyawa transfer energi yang penting untuk aktivitas seluler maupun muskuler.

Adenosine dalam skincare tentunya tidak didapatkan dari tubuh manusia, melainkan dari ragi (yeast). Presentasi adenosine dalam skincare biasanya berada pada kisaran 0,01-0,1%. Cukup kecil ya. Maka dari itu, adenosine seringkali kita jumpai pada urutan terakhir komposisi suatu produk.

Penggunaan adenosine dalam  skincare mulai populer semenjak satu dekade terakhir. Muncul beberapa penelitian mengenai manfaat adenosine sebagai bahan anti-aging. Kemudian banyak produsen skincare, seperti L’Oreal yang menambahkan adenosine dalam produk anti-aging mereka. Kini, adenosine banyak ditemukan dalam pelembab, eye cream, dan serum.


Apa Saja Manfaat Adenosine?

  • Anti-aging dan Skin Restoration
Adenosine akan berikatan dengan reseptor A2A dan A2B di fibroblast kulit kita. Ikatan ini memicu kulit untuk memproduksi kolagen tipe I dan III. Seperti yang kita ketahui, kolagen memegang peranan penting untuk menjaga elastisitas dan hidrasi kulit. Selain itu, kolagen juga dapat mempercepat penyembuhan luka.

  • Anti Inflamasi dan Menenangkan Kulit
Adenosine dapat menghambat kerja agen penyebab inflamasi, yaitu neutrofil. Maka dari itu, adenosine dikenal sebagai anti inflamasi sehingga dapat menenangkan kulit yang terkena inflamasi (gatal dan kemerahan).

  • Menebalkan Rambut
Selain digunakan untuk bahan skincare, ternyata adenosine juga digunakan dalam produk perawatan rambut loh! Penelitian menunjukkan bahwa adenosine dapat meningkatkan diameter batang rambut, sehingga rambut yang tumbuh akan terlihat lebih tebal.


Apakah Adenosine Aman Digunakan?

Perihal keamanan, adenosine dalam produk kosmetik dan perawatan tubuh lainnya telah dievaluasi dalam EWG Deep Cosmetic Database. Dalam database tersebut, adenosine diberi skor 1 dari 10. Dimana 1 adalah bahan dengan risiko paling rendah dan 10 adalah bahan dengan risiko tertinggi.

Namun, semua yang berlebihan pasti tidak baik. Penggunaan adenosine dikategorikan aman jika berada dalam kisaran 0,01-0,1%. Jika lebih, risiko kesehatan yang ditimbulkan mungkin saja merugikan.


Rekomendasi Produk


  • Benton Fermentation Eye Cream (Rp380.000)


  • LANEIGE Time Freeze Firming Sleeping Mask (Rp548.000)


  • COSRX Advanced Snail 92 All in One Cream (Rp290.000)


  • Mizon Peptide Ampoule Cream (Rp220.000)


  • IUNIK Noni Light Oil Serum (Rp245.000)


  • Shu Uemura Red:juvenus Intense Vitalizing Concentrate ($150)

0 komentar