[REVIEW] Real Barrier Cream Cleansing Foam : Sabun Wajah dengan pH Ideal

Hello Peeps! Kalian masih suka pakai sabun wajah yang kesat? Tau gak sih kalau ternyata sabun wajah yang bikin kesat bisa menghilangkan minyak alami wajah kalian? Nah, jika minyak alami wajah kalian hilang, maka kelenjar minyak akan berusaha melembabkan kembali wajah dengan memproduksi lebih banyak minyak. Alhasil, wajah kalian malah tambah berminyak tuh! Maka dari itu, alih-alih menggunakan sabun wajah yang kesat, pilihlah sabun wajah yang melembabkan dan ber-pH rendah ya. Seperti yang satu ini nih, Real Barrier Cream Cleansing Foam.

“A creamy, acid balanced, moisturizing cleanser”

Komposisi

Water, Potassium Cocoyl Glycinate, Disodium Cocoamphodiacetate, Potassium Cocoate, Disodium Cocoyl Glutamate, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Sodium Sweetalmondamphoacetate, Carbomer, Myristoyl/Palmitoyl Oxostearamide/Arachamide Mea, Dihydroxyisopropyl Palmoylpalmamide, Brassica Oleracea Italica (Broccoli) Sprout Extract, Centella Asiatica Extract, Madecassoside, Panthenol, Triticum Vulgare (Wheat) Sprout Extract, Spirulina Platensis Extract, Allantoin, Tocopheryl Acetate, Citrus Aurantium Bergamia (Bergamot) Fruit Oil, Cananga Odorata Flower Oil, Cedrus Atlantica Bark Oil, Pelargonium Graveolens Flower Oil, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Citrus Limon (Lemon) Peel Oil, Vetiveria Zizanoides Root Oil, Disodium Edta, 1,2-Hexanediol, Caprylyl Glycol.

Real Barrier Cream Cleansing Foam ini bebas dari sulfat (SLS, SLES, ALS, ALES), silikon, alkohol, dan paraben. Selain itu, produk ini juga mengandung:

Wheat Sprout dan Spirulina Extract
Dikenal mampu menenangkan kulit yang mengalami iritasi akibat paparan lingkungan, seperti partikel debu.

Centella Asiatica Extract dan Madecassoside
Seperti yang kita ketahui, kedua bahan ini termasuk dalam soothing agents dalam skincare. Centella asiatica dan madecassoside juga dikenal kaya akan antioksidan untuk menangkal efek radikal bebas.

Panthenol
Vitamin B5 atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Panthenol mampu meresap lebih dalam ke lapisan kulit dan memberikan kelembaban pada kulit. Selain itu, jika digunakan secara rutin, panthenol dapat mengatasi inflamasi dan juga memperkuat skin barrier.

Essential Oils
Real Barrier Cream Cleansing Foam mengandung beberapa essential oils seperti Lavender Oil, Lemon Peel Oil dan Vetiver Root Oil. Maka dari itu, produk ini mampu menenangkan pikiran dan meningkatkan mood kita saat memakainya. Tapi bagi kalian yang alergi terhadap essential oil, produk ini mungkin tidak untuk kalian.

Kemasan

Seperti kebanyakan sabun wajah lain, Real Barrier Cream Cleansing Foam ini dikemas dalam botol tube berukuran 150ml. Ukuran botolnya memang agak bulky sehingga sulit dibawa bepergian. Yang aku suka dari kemasannya adalah ukuran mulut botolnya yang cukup kecil, jadi sangat mudah untuk mengontrol seberapa banyak produk yang akan dipakai.

Sama seperti produk Real Barrier lainnya, Cream Cleansing Foam ini juga dilengkapi dengan dus berisi keterangan yang cukup lengkap mulai dari deskripsi, cara penggunaan, komposisi hingga PAO produk. Jangan kaget juga dengan tanggal di bawah dus. Itu adalah tanggal produksi, bukan tanggal kadaluwarsa ya.

Tekstur

Seperti namanya, tekstur produk ini mirip dengan krim. Saat digunakan juga teksturnya tetap mirip seperti krim, dengan sangat sedikit busa.

Aroma

Untuk Cream Cleansing Foam ini juga masih mengandung beberapa essential oil seperti lavender dan lemon peel oil. Sudah pasti sabun wajah ini memiliki aroma yang mirip dengan teman-temannya (re: produk Real Barrier lainnya). Jika dibandingkan dengan Cleansing Oil Balmnya, tentu Cream Cleansing Foam ini aromanya jauh lebih mild dan tolerable. Aroma dari essential oilnya sangat samar, malah dominan aroma khas kelapa (yang menurutku agak tengik). Kalau dilihat dari komposisinya, banyak sekali bahan turunan minyak kelapa diantaranya potassiummm cocoyl glycinate, disodium cocoamphodiacetate, potassium cocoate, disodum cocoyl glutamate. Maka tidak heran ya kalau aromanya lebih cenderung mirip kelapa.

Cara Penggunaan

Basahi tangan dan wajah. Tuangkan produk secukupnya di telapak tangan. Gosok produk dengan kedua telapak tangan kemudian ratakan pada wajah dan pijat dengan gerakan memutar. Bilas dengan air hangat lalu keringkan wajah.

Performa

Awalnya aku memang agak skeptis dengan sabun wajah yang tidak meninggalkan rasa kesat setelah dibilas. Gak tau kenapa ada perasaan kurang bersih saat wajah tidak kesat. Setelah aku tau kalau ternyata rasa kesat di wajah itu kurang baik, aku langsung beralih ke sabun wajah yang gentle dan melembabkan.

Salah satu pertimbanganku memilih sabun wajah adalah tingkat keasaman atau pH-nya. Wajah kita memiliki pH antara 4.2 – 5.6. Maka dari itu, penting sekali memilih sabun wajah yang memiliki pH mendekati kulit wajah kita, yaitu sekitar 5.5 – 6.5. Jika pH sabun wajah terlalu basa, maka pH kulit kita juga akan naik, yang tadinya cenderung asam menjadi lebih basa. pH kulit yang basa ini bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Makanya wajah kita sering terasa ‘ketarik’ setelah menggunakan sabun wajah yang terlalu basa.

Berbicara tentang pH, Real Barrier Cream Cleansing Foam ini memiliki pH antara 5 – 6 yang mana ideal sekali untuk kulit wajah kita. Cleanser ini sebenarnya menimbulkan sedikit rasa ‘kesat’ di wajah saat single use (tidak menggunakan cleansing oil/balm sebelumnya). Tapi walaupun begitu, cleanser ini tidak membuat wajahku kering sama sekali. Sebaliknya, justru wajahku terasa sedikit lembab setelahnya.

Aku memang sangat suka berganti-ganti sabun wajah dan menemukan sabun wajah yang cocok itu susahnya minta ampun. Kalau finishnya terlalu lembab, biasanya wajahku akan clogged pores. Sedangkan, kalau finishnya terlalu kering, tekstur wajahku akan memburuk karena bruntusan. Menurutku cleanser ini ada di tengah-tengah, tidak terlalu kering tapi juga tidak terlalu melembabkan. Ini dia cleanser yang aku cari-cari selama ini!


Jika tertarik, kalian bisa membeli produk ini dan produk Real Barrier lainnya di Style Korean Global (instagram: @stylekorean_global). Berikut aku cantumkan tautan untuk mempermudah pembelian http://bit.ly/3aoBhiq

0 komentar