Facial Roller : Apakah Hanya Hiasan atau Memang Bermanfaat?

Photo by Content Pixie on Unsplash
Hello Peeps! Tentu sudah familiar dong dengan beauty tools satu ini, atau bahkan ada diantara kalian yang memakainya dalam rutinitas skincare sehari-hari? Dilihat dari fisiknya yang cantik, pasti banyak wanita yang ingin memilikinya (entah untuk dipajang di meja rias atau memang benar digunakan ehehe). Tapi apakah benar facial roller bermanfaat untuk kulit kita?

Sejarah Facial Roller

https://en.wikipedia.org/wiki/Empress_Dowager_Cixi
Banyak yang mempercayai bahwa facial roller berasal dari Cina Kuno, tepatnya pada masa Dinasti Qing. Dahulu, kalangan elit menggunakan jade roller untuk menjaga kulit wajah tetap cantik dan terlihat muda, termasuk salah satu anggota kerajaan  yaitu Permaisuri Cixi.

Selain di Cina, batu giok (jade) juga digunakan oleh Suku Maya dan masyarakat Mesir Kuno untuk memijat tubuh mereka. Batu giok dipilih karena memiliki efek dingin saat bersentuhan dengan kulit.

Jade roller awalnya sama sekali tidak populer, hingga pada tahun 2016 majalah Vogue menerbitkan artikel yang berjudul : “Meet The Jade Roller: The Chinese Skin-Care That Tightens, Depuffs and More” (Memperkenalkan Jade Roller: Skin-Care Cina yang Mengencangkan, Mengurangi Bengkak, dan Banyak Lagi”). Sejak saat itu pula popularitas jade roller melejit. Selain itu, banyak produsen yang membuat facial roller dari bebatuan lain selain giok, misalnya rose quartz, brown tiger eye, amethyst dan lain sebaginya.

Facial Roller

Facial roller adalah salah satu alat pijat wajah yang terbuat dari kristal-kristal alam, seperti giok (jade), rose quartz, hingga kecubung (amethyst). Facial roller biasanya memiliki dua sisi dengan ukuran yang berbeda, satu sisi lebih besar dan satunya lagi lebih kecil. Ukuran yang berbeda ini memudahkan untuk menjangkau bagian wajah hingga bagian-bagian yang sulit dijangkau seperti bawah mata.

Manfaat Facial Roller

Dalam pengobatan tradisional Cina, jade roller dipercaya dapat mengeluarkan energi (qi) negatif yang dapat menganggu keseimbangan tubuh. Berikut manfaat facial roller lainnya.

Melancarkan aliran pembuluh limfatik
Tubuh kita memiliki mekanisme perlindungan diri yang disebut sistem limfatik. Sistem limfatik salah satunya terdiri dari pembuluh-pembuluh limfatik yang tersebar di seluruh bagian tubuh, termasuk wajah. Pembuluh limfatik ini berisi cairan limfa yang terdiri dari sel-sel darah putih. Aliran pembuluh limfatik di wajah yang tidak lancar dapat menyebabkan penumpukan cairan limfa. Hal inilah yang biasanya nampak sebagai mata bengkak. Facial roller memberikan pijatan yang melancarkan aliran pembuluh limfatik sehingga dapat mengatasi permasalahan seperti mata bengkak atau sembab.

Melancarkan aliran pembuluh darah
Eits, pembuluh darah dan pembuluh limfa itu berbeda loh ya. Namun, disini cara kerja facial roller kurang lebih sama kok. Pijatan facial roller dapat memperlancar aliran darah sehingga produk skincare yang digunakan akan lebih mudah menyerap.

Facial roller juga dikenal dengan kemampuan anti-agingnya. Pernyataan ini didasarkan pada suatu eksperimen yang menyatakan bahwa produk anti-aging dapat terserap lebih dalam pada  wanita yang menggunakan alat peminjat bergetar dibanding yang hanya menggunakan tangannya.

Mengatasi breakout
Facial roller secara tidak langsung dapat mengatasi breakout. Saat menggunakan facial roller, kemungkinan tubuh akan mengeluarkan hormon tertentu yang bisa mengatasi stress sehingga breakout pun dapat teratasi. Perlu diperhatikan, jika kamu memiliki jerawat aktif, jangan menekan facial roller kamu terlalu kuat karena jerawat bisa ruptur atau pecah dan menyebabkan inflamasi lebih lanjut.

Cara Menggunakan Facial Roller

Dalam memakai facial roller, tekniknya pun tidak boleh sembarangan. Aku menyarankan agar selalu memijat wajah dari arah dalam ke arah luar. Kalian juga tidak perlu menekan facial roller terlalu kencang, sedikit tekanan saja sudah cukup kok. 

1 komentar

  1. Hmm aku ni masih percaya ga percaya sama face roller wkwkwk. Buatku mereka not necessary, but just nice to have.

    BalasHapus