[INGREDIENT 101] Ascorbic Acid : Solusi untuk Kalian yang Punya Kulit Kusam atau Hiperpigmentasi!



Hello Peeps! Sudah lama ya kita gak membahas skincare ingredient, hehe. Nah, kali ini aku akan bahas salah satu bahan skincare favorit aku (mungkin bisa jadi favorit kalian juga!) untuk mengatasi noda hitam atau kemerahan bekas jerawat. Apalagi kalau bukan Vitamin C dalam bentuk ascorbic acid atau asam askorbat!

Yuk langsung aja!


Ascorbic Acid

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang dikenal akan kemampuan antioksidannya. Sayangnya, tubuh manusia tidak bisa memproduksi vitamin C sendiri karena kita tidak mempunyai enzim  L-glucono-gamma lactone oxidase. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, manusia harus mengonsumsinya secara oral ataupun melalui penggunaan topikal pada kulit. Walaupun sekarang banyak beredar suplemen vitamin C baik dalam bentuk kapsul, tablet, atau minuman, kita ternyata dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C langsung dari buah-buahan atau sayur-sayuran loh!

Vitamin C memiliki banyak bentuk dan turunan, salah satunya yaitu ascorbic acid. Ascorbic acid (L-ascorbic acid) adalah bentuk vitamin C yang paling aktif sehingga efek yang diberikan ke tubuh pun akan lebih signifikan. Namun sayangnya, molekul ascorbic acid bersifat hidrofilik (hidrofilik=suka air, gampangnya hehe) dan tidak stabil. Karena bersifat hidrofilik, ascorbic acid jadi sukar untuk menyerap ke dalam kulit karena kulit kita cenderung hidrofobik (gak suka air). Ascorbic acid juga mudah rusak (teroksidasi) oleh sinar matahari maupun oksigen. Solusinya, banyak produsen skincare, misalnya L’Oreal, yang menambahkan ferulic acid agar ascorbic acid yang ada menjadi lebih stabil sehingga tidak mudah rusak.


Manfaat Ascorbic Acid bagi Kulit

Sebagai antioksidan
Ascorbic acid adalah antioksidan yang baik bagi kulit. Faktor lingkungan sepetri paparan sinar UV dan polusi, dapat meningkatkan kadar radikal bebas  yang nantinya akan menimbulkan stress oksidatif yang dapat merusak kulit. Ascorbic acid mengatasi stress oksidatif ini dengan mekanisme transfer elektron, sehingga jumlah radikal bebas dalam kulit menjadi berkurang.
Perlu diingat ya, walaupun ascorbic acid dapat mengurangi efek radikal bebas, kulit kita juga harus tetap terlidungi dari sinar UV. Cara apalagi kalau bukan rutin pakai sunscreen tiap hari!

Sebagai antiaging
Ascorbic acid ternyata mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Seperti yang kita tahu, kolagen berperan penting dalam menjaga elastisitas dan membantu menyamarkan kerutan. Studi klinis membuktikan bahwa pemakaian rutin vitamin C (ascorbic acid) selama 4 bulan menujukkan perubahan yang signifikan pada jumlah kolagen di kulit.

Mengatasi Hiperpigmentasi
Ascorbic acid dapat mencegah produksi enzim yang memproduksi melanin. Melanin sendiri adalah pigmen yang ada di kulit kita. Kelebihan produksi melanin inilah yang menyebabkan hiperpigmentasi, seperti noda hitam bekas jerawat.


Penggunaan Ascorbic Acid

Biasanya, ascorbic acid ditemukan dalam bentuk serum dalam skincare. Bagi kalian yang mencoba ascorbic acid untuk pertama kalinya, disarankan untuk memilih produk dengan kandungan ascorbic acid yang rendah terlebih dahulu ya! 


Rekomendasi Produk

The Ordinary Acorbic Acid 8% + Alpha Arbutin 2%

Cos de Baha Vitamin C Serum Ascorbic Acid 15% + Panthenol

The Ordinary 100% L-Ascorbic Acid Powder

My Scheming L-Ascorbic Acid Whitening Mask

0 komentar