[REVIEW] Sbcskin Skin Exfoliant 2% BHA Toner : Chemical Toner Lokal dengan Harga Terjangkau



Hello Peeps! Tau gak kalau physical exfoliant (contohnya scrub) bisa menimbulkan microtears atau luka kecil di wajah? Duh, ngeri ya. Maka dari itu, sekarang aku lagi mencoba beralih ke chemical exfoliant nih, tepatnya exfoliating toner. Exfoliating toner pertamaku datang dari Sbcskin, yaitu Skin Exfoliant 2% BHA Toner. Yuk simak ulasanku tentang toner ini!

Komposisi
Aqua, Propanediol, Alcohol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Glycolic Acid, Galactosyl Salicylate, Propylene Glycol, Chamomilla Recutita Flower Extract, Sodium Benzoate, Sorbic Acid, Potassium Sorbate, Methylparaben, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Allantoin, Dipotassium Glycyrrhizate.

Aloe vera leaf extract
Mampu menenangkan kulit, sebagai anti-inflamasi, dan melembabkan kulit.
Glycolic acid
Membantu pengelupasan kulit tanpa membuatnya menjadi kering, meningkatkan produksi kolagen, mengatasi hiperpigmentasi, kulit kusam, dan bekas jerawat.
Chamomilla Recutita (Chamomile) Flower Extract
Sebagai anti-inflamasi, menenangkan kulit, melindungi kulit dari efek radikal bebas, mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit.
Galactosyl Salicylate
Antiseborrheic dan mengatasi pori tersumbat


Kemasan

Toner ini dikemas dalam botol plastik doff ukuran 100ml. Menurutku kemasannya sederhana namun cukup elegan, mirip botol essence yang banyak dijual di pasaran.

Karena tidak dilengkapi box, semua informasi penting produk seperti deskripsi, cara penggunaan, komposisi, hingga tanggal kadaluwarsa ditulis di bagian belakang botol. Menurutku, selagi informasi produk masih dapat dicantumkan di botol, tidak perlu pakai box lagi. Jadi bisa mengurangi sampah juga hehehe.


Tekstur

Tekstur produk ini sangat cair dengan warna yang bening. Awalnya karena terlalu cair, aku pikir finishnya bikin kulit kering seperti exfoliating toner lainnya. Surprisingly setelah tonernya menyerap, wajahku jadi lumanyan lembab loh (tapi masih butuh hydrating toner sih). Hal ini mungkin karena Sbcskin Skin Exfoliant 2% BHA Toner mengandung aloe vera sebagai agen pelembab di urutan keempat.


aroma
Dari segi aroma, menurutku yang mendominasi adalah aroma alkohol yang cukup kuat. Biasanya ketika aku pakai toner dengan kandungan alkohol yang banyak, mataku akan langsung perih dan berair. Tapi saat aku pakai toner ini, tidak ada reaksi buruk pada mataku.

Perlu dicatat, bagi kalian yang memiliki riwayat alergi dengan alkohol, sebaiknya melakukan patch test sebelum menggunakan produk ini di seluruh wajah.


Cara Penggunaan
Tuangkan Skin Exfoliant 2% BHA Toner pada kapas dan usapkan secara merata pada seluruh wajah dengan gerakan melingkar keluar.


PERINGATAN


Mengandung Glycolic Acid (AHA) 3%. Selama pemakaian hindari kontak langsung dengan sinar matahari. Gunakan tabir surya minimal SPF 15. Jangan digunakan di sekitar mata, mulut, dan membran mukosa lain. Jika terjadi hipersensitif (rasa terbakar, kemerahan), hentikan pemakaian.


Performa

Seperti yang tertera di cara penggunaannya, aku selalu menggunakan kapas saat mengaplikasikan toner ini. Untuk frekuensi pemakaian, dua kali seminggu sudah cukup menurutku.

Jujur ini adalah exfoliating toner pertama yang aku coba. Surprisingly toner ini cukup mild bagiku sebagai seorang pemula dalam dunia chemical exfoliation. Saat diusap ke wajah, tingling sensationnya tidak terlalu kuat dan terjadi hanya di beberapa titik yang berjerawat saja. Redness yang muncul setelah pemakaian juga hampir tidak terlihat.

Sbcskin Skin Exfoliant 2% BHA Toner ini adalah salah satu produk andalanku saat breakout. Pernah suatu saat aku jerawatan cukup banyak karena gak cocok sama pelembab yang baru kucoba. Setelah pakai toner ini beberapa kali, aku merasa jerawat-jerawatku yang baru mau muncul jadi lumayan kempes walaupun tetap meninggalkan bekas.


Jika tertarik, kalian bisa membeli produk ini seharga Rp150.00 di e-commerce seperti Ponny Beaute (klik tautan ini)

0 komentar