Pemula Wajib Baca! Ini Dia Basic Skin Care yang Harus Kamu Gunakan

www.thisisinsider.com

Sebagai seorang pemula dalam urusan merawat kulit, pastinya sangat sulit bagi kamu untuk memahami apa saja produk yang harus digunakan. Dulu saat masih pemula, saya juga sangat bingung dan sempat salah dalam melakukan rutinitas skincare saya. Nah, disini saya akan menjelaskan sedikit tentang skincare basic yang wajib dilakukan oleh pemula. Let's get started!

Cleansing

natur-e.co.id

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tahap membersihkan wajah ini. Idealnya membersihkan wajah dengan facial wash sudah cukup. Namun ketika kamu memakai sunscreen maupun makeup, membersihkan wajah dengan facial wash saja tidak cukup loh! Ketika kamu memakai produk yang dapat menyumbat pori, kamu harus melakukan double cleansing. Double cleansing sendiri adalah cara membersihkan wajah dengan menggunakan dua jenis cleanser yang bahan dasarnya berbeda (oil dan water based cleanser).
Kamu juga harus memperhatikan dalam memilih cleanser yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Bagi yang memiliki kulit berminyak, disarankan memakai foamy cleanser untuk mengurangi minyak berlebih. Sebaliknya, jika kulit kamu kering hindari penggunaan cleanser yang menghasilkan banyak busa. 

Toning

www.facetofeet.com

Banyak sekali orang yang menyepelekan dan melewati tahapan toning ini. Padahal, toning mengambil andil yang besar dalah skincare routine kita loh guys! Toning dapat membantu menghidrasi kulit setelah cuci muka, mengembalikan pH kulit dan menyiapkan kulit agar siap memasuki tahapan skincare selanjutnya.
Ada dua jenis toner yang dapat kamu gunakan, yaitu exfoliating toner dan hydrating toner. Exfoliating toner adalah jenis toner yang fungsinya mengangkat sel kulit mati, sedangkan hydrating toner berfungsi untuk memberikan kelembapan untuk kulit. Pilih jenis toner sesuai kebutuhan kamu ya!

Moisturizing

blog.stylisted.com

Menjaga kelembapan wajah adalah hal yang wajib dilakukan, termasuk kalian yang memiliki kulit berminyak sekalipun. Banyak sekali orang yang melewati tahap ini karena kulit menjadi tak nyaman dan terlalu berminyak setelah diaplikasikan pelembab. Hal ini terjadi karena kesalahan dalam memilih tipe pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Jika kamu memiliki kulit berminyak, gunakanlah pelembab yang bertekstur gel. Bagi kamu yang memiliki kulit normal, kombinasi, atau kering, coba pakai pelembab tipe krim, emulsion, atau face oil.

Protecting

qsun.co

Protecting artinya melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang dihasilkan matahari. Tahapan ini sangat penting dilakukan, tapi masih banyak yang menyepelekannya. Memang efek dari sengatan sinar ultraviolet tidak langsung muncul pada kulit kamu. Efek tersebut akan muncul dalam jangka waktu yang cukup panjang. Dampak yang akan kamu rasakan adalah munculnya noda hitam, garis-garis halus pada wajah, bahkan kanker kulit. 
Sunscreen memiliki tingkat SPF (Sun Protection Factor) yang berbeda-beda, mulai dari yang kecil sampai besar. Sesuaikan tingkat SPF dengan aktivitas sehari-hari kamu dan jangan lupa mengaplikasikan ulang sunscreen tiap 2-3 jam sekali. Sunscreen tidak perlu diaplikasikan pada malam hari ya guys!

Tahapan-tahapan di atas harus dilakukan berurutan mulai dari cleansing, toning, moisturizing dan protecting. Kamu bisa melakukan skincare routine dua kali sehari, yaitu pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur. Lakukan skincare routine secara konsisten, jangan malas-malasan apalagi melewati salah satu tahap diatas. 

Hope this useful for you all guys. See you next time!

0 komentar